Breaking News

Kamis, 10 November 2016

Cara Setting DNS Custom Domain Ke Blogspot Di Freenom

Freenom adalah sebuah perusahaan yang menyediakan penyewaan domain perbayar dan gratis. Untuk cara mendapatkan dan daftar domain di freenom sangat gampang sekali tinggal regristasi dan jadi. Cara Membuat Akun Freenom Domain Gratis (.ga, .tk, .cf dan .ml). Untuk setting DNS, Name Server, IP dan cara custom domain yang sedikit rumit. Disini akan dijelaskan cara setting custom domain di freenom ke blogger atau blogspot.co.id

Setelah anda mendapatkan domain yang anda inginkan silakan login ke client area freenom. anda klik "My Domain" dan Klik "Manage Domain" pada domain pilihan anda.





Kemudian Klik "Manage Freenom DNS" dan isikan Recordnya seperti ini.
Name  : (kosongkan)
Type   : pilih Type "A"
TTL    : isi dengan "14440"
Target : 216.239.32.21
Kemudian "Save Changes" Ulangi seperti itu sebanyak 4 kali dengan Target/IP yang berbeda. Untuk Target/IP nya urutanya seperti ini.

Target KE-1 : 216.239.32.21
Target KE-2 : 216.239.34.21
Target KE-3 : 216.239.36.21
Target KE-4 : 216.239.38.21

Jika selesai semua Klik "Klik Save Changes" (tombol yang bewarna abu-abu)

Untuk langka selanjutnya "Jangan tutup dulu jendela Manage DNS freenomnya" dan buka lagi blogger, pilih blog yang ingin anda ganti/custom domainnya. Klik "Setelan > Dasar > Siapkan URL pihak Ke-3 untuk Blog anda. Isi kolom dengan domain yang akan anda buat custom. Contoh : "www.guruigigammara.ga" kemudian klik simpan.


Disini pasti akan ada peringatan Error dan anda akan mendapatkan 2 Token (tulisan ndak jelas) yang satu pendek dan yang satu panjang.

Buka kembali Jendela Manage DNS di freenom tadi dan masukan Record untuk mengisi CNAME domain anda sebanyak 2 kali. Caranya sama seperti diatas tapi isinya berbeda. untuk isinya seperti berikut.

Untuk CNAME yang pertama.

Name   : isi dengan "www"
Type    : Pilih "CNAME"
TTL     : isi dengan "14440"
Target  : isi dengan "ghs.google.com"

Untuk CNAME yang kedua.

Name   : isi dengan token yang ada diblogger "yang pendek"
Type    : Pilih "CNAME"
TTL     : isi dengan "14440"
Target  : isi dengan token yang ada diblogger "yang panjang"

Setelah itu Klik "Save Changes" (tombol berwarna abu-abu)

Kemudian kembali pada blogger lalu klik "simpan".

NB: Bila penyimpanan belum bisa, tunggu beberapa menit atau jam karena server freenom butuh proses untuk mengolah record untuk domain anda.

Setelah tersimpan Klik "Edit" pada domain yang telah berhasil di custom dan centang tulisan "Alihkan guruigigammara.ga Ke www.guruigigammara.ga" dan untuk terakhir Klik "SIMPAN"
Selesai !!! sekarang anda sudah memiliki domain gratis meskipun bukan domain TLD, akan tetapi lumayan untuk blog anda. Perlu diketahui bahwa sesudah anda mengganti atau mengcustom domain maka dari segi SEO blog anda mungkin menurun dan perlu di optimasi lagi. Biasanya setelah custom domain, optimasi SEO lebih cepat pulih atau membaik dari pada blog yang berdiri dari pertama.

Untuk mempelajari cara setting custom domain ini, dapat Anda pelajari melalui video tutorial, silahkan anda simak di link video berikut:


Selamat Belajar, Semoga Sukses.



2 komentar:

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog